Singkong

Kata Cita Rasa
0

 

Singkong

Karakteristik

Singkong memiliki ukuran yang bervariasi, dengan panjang berkisar antara 20 hingga 60 cm dan diameter antara 2 hingga 5 cm. Daging  singkong berwarna putih yang bersih dan dilindungi oleh kulit yang tebal.
Kulit singkong memiliki tekstur kasar dan terdiri dari dua lapisan. Lapisan pertama memiliki warna coklat pekat, sedangkan lapisan kedua berwarna merah agak putih. Saat mengambil  singkong, akan terasa kelembekan dan kelekitan pada kulitnya karena singkong menghasilkan getah. Rasa singkong adalah manis dan gurih.

Manfaat bagi Kesehatan

1. Mengatasi gejala diare dan simbelit
Kandungan serat tidak larut di dalam singkong berperan penting dalam menyerap kelebihan cairan di dalam usus dan membantu memulihkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Serat tersebut juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.
2. Mencegah kerusakan sel
Kandungan saponin dalam singkong berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan demikian, konsumsi ubi singkong dapat membantu mencegah peradangan dan penyakit dalam tubuh.
3. Mengontrol gula darah
Singkong aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan serat tidak larut di dalamnya dapat membantu mengontrol gula darah dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal ini berarti ubi singkong lebih mudah dicerna dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top