Kenikir

Kata Cita Rasa
0

 Daun Kenikir

Daun Kenikir

Daun Keningkir

Tanaman cosmos caudatus, yang dikenal dengan nama ilmiahnya, memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Ini mencakup serat, protein, karbohidrat, dan beberapa vitamin.

Daun kenikir juga mengandung antioksidan yang beragam, seperti quercetin, asam fenolat, flavonoid, dan asam klorogenat.

Karakteristik Daun Kenikir

Jenis tanaman tahunan dengan batang berbentuk pipa dan memiliki garis-garis yang menjulur ke bawah. Tingginya dapat mencapai 1 meter, dan daunnya memiliki tangkai yang panjang dan duduk daun yang berhadapan, sehingga terbagi menjadi 2-3 tangkai. Rasanya cenderung memiliki rasa pahit.

Manfaat bagi Kesehatan

1. Mengatur Kadar Gula Darah
Daun kenikir diduga memiliki kemampuan untuk membantu kerja insulin dalam mengatur penyerapan glukosa. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali dan mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Kondisi ini terjadi ketika kadar gula darah naik secara signifikan karena insulin tidak berfungsi dengan baik.
2. Menurunkan Tekanan Darah
Berdasarkan sebuah studi, tanaman kenikir memiliki efek diuretik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat ini tentunya menjadi harapan bagi mereka yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi. Meskipun demikian, dosis penggunaan daun kenikir untuk mengatasi tekanan darah tinggi masih belum jelas, sehingga penggunaannya harus hati-hati dan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
3. Melancarkan Pencernaan
Daun kenikir mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mendukung proses pencernaan. Serat juga dapat membantu penyerapan air di dalam usus besar, sehingga membantu mencegah terjadinya sembelit.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top