Tempe

Kata Cita Rasa
0

 

Tempe

Manfaat bagi Kesehatan

1. Sumber protein
Tempe memiliki tingkat protein yang lebih tinggi daripada daging sapi, sehingga sering digunakan sebagai pengganti daging. Banyak vegetarian yang memilih tempe sebagai sumber protein. Setiap 100 gram tempe mengandung 20 gram protein, yang dapat memenuhi sekitar 34 persen kebutuhan protein harian orang dewasa. Protein berfungsi dalam menjaga jaringan otot dan memecah rantai protein menjadi bentuk yang dapat diserap oleh tubuh.
2. Mengandung antioksidan
Tempe juga mengandung antioksidan tinggi, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit, termasuk kanker. Kandungan isoflavon dan nutrisi lain dalam tempe berperan sebagai antioksidan. Tempe memiliki efek antioksidan yang lebih kuat daripada kedelai rebus biasa.
3. Sumber kalsium
Tempe merupakan salah satu sumber kalsium yang baik. Meskipun susu sering dikaitkan dengan kalsium, tempe juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Setiap 100 gram tempe mengandung 155 miligram kalsium, sedangkan susu mengandung 125 miligram kalsium per 100 gramnya.

Ragam Olahan dari Tempe

Tempe dapat diolah menjadi berbagai bentuk lauk, dari bentuk gorengan, sambal, bahkan dikonsumsi mentah. Salah satu olahan tempe yang menjadi salah satu makanan "legenda" masyarakat Indonesia adalah tempe mendoan, berikut ini cara membuat tempe mendoan yang enak:

Bahan:
- 300 gram tempe
- 2 batang daun bawang
- 100 gram tepung beras
- 1 sdm tepung terigu
- 125 ml air
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu
- 2 siung bawang putih
- 1 butir bawang merah
- 1 sdt ketumbar
- 1/2 sdt merica
- 2 sdt garam

Langkah-langkah:
1. Iris tipis tempe menjadi bentuk persegi empat.
2. Iris daun bawang secara halus.
3. Di tempat terpisah, campurkan tepung beras, tepung terigu, dan bumbu tempe mendoan (bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, dan garam). Aduk rata.
4. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung dan bumbu sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kental.
5. Celupkan setiap irisan tempe ke dalam adonan tepung, pastikan seluruh permukaan tempe terlapisi dengan baik.
6. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng tempe yang telah dilapisi adonan tepung dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan renyah.
7. Angkat tempe mendoan dan tiriskan minyak berlebih.
8. Sajikan tempe mendoan dengan sambal kecap atau bumbu tambahan sesuai selera.

Yummy, selamat menikmati tempe mendoan! 

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top