Jambu Biji Merah

Kata Cita Rasa
0

Jambu Biji Merah

Jambu Biji Merah

Jambu biji merupakan buah yang sangat mudah kita jumpai. Jambu biji, juga dikenal sebagai jambu batu, jambu siki, dan jambu klutuk. Jambu biji merupakan salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil dan diperkenalkan ke Indonesia melalui Thailand. 

Karakteristik
Jambu biji merah adalah tanaman perdu yang dapat tumbuh mencapai tinggi sekitar 5-10 meter. Tanaman ini memiliki batang silindris yang tumbuh tegak dengan permukaan yang licin. Batangnya bercabang dan berwarna cokelat kehijauan. Daun jambu biji berbentuk oval dengan ujung yang tumpul dan pangkal yang membulat. Daun ini terdiri dari satu helai daun tunggal. Rasanya manis sedikit asam dengan teksturnya yang renyah.
 
Manfaat bagi Kesehatan
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Jambu biji merah merupakan sumber vitamin C yang sangat kaya. Bahkan, kandungan vitamin C dalam buah ini empat kali lipat lebih tinggi daripada jeruk. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari infeksi dan patogen umum.
Selain itu, buah jambu biji merah juga kaya akan zat besi, yang bekerja bersama vitamin C dalam melawan penyakit seperti pilek dan infeksi virus lainnya. Buah ini juga memiliki efek mukolitik yang dapat membantu menghilangkan lendir dan membersihkan saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru saat mengalami pilek dan flu.
2. Menurunkan resiko kanker
Kandungan likopen, quercetin, vitamin C, dan polifenol lainnya dalam jambu biji merah berfungsi sebagai antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Dengan adanya kandungan antioksidan yang beragam ini, jambu biji merah memiliki potensi untuk mengurangi risiko kanker.
3. Mengatasi sembelit
Buah jambu biji merah juga bermanfaat dalam mengatasi sembelit. Kandungan serat dalam buah ini sangat tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Dengan mengonsumsi satu buah jambu biji, Anda sudah mendapatkan sekitar 12 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan. Biji dalam buah ini juga berfungsi sebagai pencahar alami yang membantu mendorong gerakan usus yang sehat. 

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top